Kamis, 24 Oktober 2013

Kegiatan Festival Budaya Jepang SMA Labschool Cibubur 2013


Cabang kegiatan NANOTENRI:

• Lomba Manga (komik)
• Lomba Cerdas Cermat budaya dan bahasa Jepang
• Lomba Pidato bahasa Jepang
• Lomba Karaoke
• Lomba Cosplay (Costume Player)
• Lomba Makan
• Obakeyashiki (rumah hantu)
• Bazaar (Stand makanan, merchandise, dan Artist Circle)
• Performance dari siswa siswi Labschool Cibubur
• Guest Star
• Pengenalan macam-macam budaya Jepang
• Workshop Shodo (Kaligrafi Jepang)
• Hanabi (Kembang Api)

Ketentuan peserta:

Peserta lomba di Bunkasai Nanotenri adalah siswa-siswi SMA/MA se-Jabodetabek Tahun Pelajaran 2013/2014 untuk kategori lomba tingkat SMA/MA yaitu Lomba Manga, Cerdas Cermat dan Pidato. Dan masyarakat umum untuk perlombaan karaoke, cosplay, dan lomba makan.
• Lomba Manga                  : 1 sekolah, max 2 peserta
• Lomba Cerdas Cermat     : 1 sekolah, 1 tim, berjumlah 3 peserta
• Lomba Pidato                  : 1 sekolah, max 2 peserta
• Lomba Karaoke*            : 1 sekolah, 1 peserta
• Lomba Cosplay*             : 1 sekolah, jumlah sebanyak mungkin/bisa
• Lomba Makan*               : 1 sekolah, 1 peserta
*dapat diikuti oleh masyarakat umum selain siswa/i SMA/MA.

Persyaratan dan ketentuan lomba:
1. Peserta adalah khusus siswa SMA se-jabodetabek (Cerdas Cermat, Pidato dan Manga) yang dibuktikan dengan adanya surat keterangan dari sekolah atau kartu pelajar.
2. Peserta adalah masyarakat umum pecinta kebudayaan Jepang (Cosplay, Karaoke, Makan) untuk semua tingkatan usia dan pendidikan.
3. Setiap peserta lomba diwajibkan untuk mengisi formulir keikutsertaan yang ditanda-tangani (disahkan) oleh sekolah masing-masing.
4. Setiap peserta lomba diwajibkan untuk membayar pendaftaran lomba dengan jumlah Rp. 50.000,- untuk setiap jenis perlombaan. (Lomba makan tidak dipungut biaya).
5. Pengumpulan formulir pendaftaran paling lambat tanggal 19 November 2013, bisa via email: nanotenri@gmail.com atau bisa menyerahkan langsung ke panitia di SMA Labschool Cibubur.
6. Setiap peserta diharapkan untuk hadir pada kegiatan Technical Meeting yang akan diadakan pada 19 November 2013. (kecuali Lomba makan).
7. Setiap sekolah yang mengikuti perlombaan tersebut diwajibkan membawa supporter minimal 10 orang di luar peserta lombanya.
8. Peserta harus hadir 30 menit sebelum kegiatan dimulai.
9. Pembayaran pendaftaran lomba dapat dilakukan dengan transfer ke nomor rekening: 0286800771 a/n SMA Labschool Cibubur BNI Cabang Bekasi atau membayar langsung ketika technical meeting.


MANGA
a. Tema : Musim Panas
b. Peserta lomba maksimal 2 orang yang mewakili satu sekolah
c. Batas waktu yang diberikan kepada peserta maksimal 3 jam
d. Peserta hanya boleh menggambar 1 cerita, tidak lebih
e. Peserta diwajibkan membuat manga dalam bentuk yonkoma alias empat panel
f. Peserta diperbolehkan menentukan model panel sendiri selama masih dalam format empat panel dan dengan urutan baca yang yang jelas
g. Panitia hanya menyediakan 1 lembar kertas kepada masing - masing peserta
h. Komik boleh berwarna atau tidak berwarna
i. Peserta diwajibkan membawa peralatan gambarnya masing-masing
j. Peserta dilarang untuk meniru atau mencontek karya yang sudah ada.
k. Karya yang ditampilkan adalah karya asli yang tidak pernah dipublikasikan sebelumnya
l. Tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, Yaoi, dan Yuri
m.Semua karya yang sudah diterima tidak akan dikembalikan lagi dan tidak akan dipublikasikan
n.Setelah pengumuman pemenang, semua peserta berhak mendapatkan salinan kopi karyanya sebagai kenangan

Hadiah pemenang lomba manga:
Juara I    :    Uang tunai sebesar Rp. 400.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 2.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara II    :    Uang tunai sebesar Rp. 300.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 1.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara III    :    Uang tunai sebesar Rp. 200.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 500.000, dan hadiah menarik lainnya.

Contact person lomba manga    : Moh. Amin, S.Pd.
Telp/sms                                   : 08976497937


CERDAS CERMAT
a. Satu sekolah hanya boleh mendaftarkan 1 tim
b. Satu tim harus terdiri dari 3 orang peserta
c. Pertanyaan yang diajukan mengenai aspek kebahasaan, pengetahuan, dan kebudayaan Jepang
d. Peserta diwajibkan memakai seragam sekolah perwakilannya atau klub Jepang sekolahnya
e. Penyeleksian dilakukan bertahap yaitu:
    i. Penyisihan, satu jam pertama adalah babak penyisihan untuk memilih 9 tim teratas dengan tes tertulis
    ii. Semi Final, kesembilan tim yang lulus babak penyisihan dipertandingkan dalam 3 sesi pertanyaan lisan yang terdiri 3 tim masing-masing sesi
    iii. Final, kelompok terbaik dari masing-masing sesi dipertandingkan dalam sesi terakhir untuk penentuan juara 1, 2, dan 3
f. Cara, teknis, atau peraturan untuk pertandingan pada sesi semi final dan final akan dibacakan langsung pada tempatnya
g. Perubahan tergantung pada jumlah sekolah yang mendaftar

Hadiah pemenang lomba cerdas cermat:
Juara I    : Uang tunai sebesar Rp. 500.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 2.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara II    : Uang tunai sebesar Rp. 400.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 1.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara III    : Uang tunai sebesar Rp. 300.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 500.000, dan hadiah menarik lainnya.


Contact person lomba cerdas cermat    : Rahmat Fajar, S.Pd.
Telp/sms                                               : 085217216701


PIDATO

a. Diwajibkan untuk memilih salah satu dari 5 tema yang kami tawarkan yaitu:
    i. “Kegiatan sehari-hari”
    ii.“Keluarga”
    iii.“Objek Wisata”
    iv.“Sekolah”
    v.“Hobi”
b. Pola kalimat dan kosakata (materi) yang diterapkan sesuai dengan buku Sakura
c. Satu sekolah boleh mengirim maksimal 2 peserta
d. Peserta harus mengenakan seragam sekolah.   
e. Waktu pidato minimal 3 menit dan maksimal 5 menit. Setelah melewati 3 menit, bel akan berbunyi pendek satu kali. Setelah batas 5 menit habis, bel akan berbunyi panjang dan peserta yang masih berpidato harus menghentikan pidatonya.
f. Naskah pidato (berikut judul pidato dan tema yang dipilih) harus diserahkan kepada panitia pada saat pendaftaran atau bersamaan saat pengembalian formulir via email : nanotenri@gmail.com
g. Naskah pidato tidak pernah digunakan oleh peserta pada lomba yang sama sebelumnya.
h. Bagi calon peserta yang pernah tinggal tetap di Jepang selama lebih dari 1 tahun, tidak diperkenankan mengikuti lomba.

Aspek Penilaian
1. Isi pidato (tema, susunan kalimat, penyampaian pendapat).
2. Kemampuan menggunakan bahasa Jepang (ketepatan intonasi dan aksentuasi, tata bahasa, cara pemakaian kata).
3. Cara penyampaian pidato (sikap saat berpidato, kefasihan berbicara, volume suara, komunikasi dengan penonton).

Hadiah pemenang lomba pidato:
Juara I    :    Uang tunai sebesar Rp. 400.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 2.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara II    :    Uang tunai sebesar Rp. 300.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 1.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara III    :    Uang tunai sebesar Rp. 200.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 500.000, dan hadiah menarik lainnya.

Contact person lomba pidato     : Siti Nur Fitria, S.Pd.
Telp/sms                                    : 085692644836


KARAOKE (off vocal mp3)
a. Karaoke single singer
b. Genre lagu yang diwajibkan adalah J-Pop (Japan Pop)
c. Lagu yang dimainkan berasal dari off vocal mp3
d. Pakaian yang digunakan boleh bebas asalkan sopan
e. Pada saat pendaftaran ulang diwajibkan mengumpulkan lirik lagu dan file off vocal mp3 yang akan dinyanyikan.
f. Lagu yang dinyanyikan minimal 3 menit dan maksimal 5 menit

Penilaian
1. Kostum yang dikenakan
2. Ejaan Bahasa Jepang yang tepat
3. Keharmonian
4. Keserasian vokal dengan teks
5. Atraksi panggung

Hadiah pemenang lomba karaoke:
Juara I    : Uang tunai sebesar Rp. 400.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 2.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara II    : Uang tunai sebesar Rp. 300.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 1.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara III    : Uang tunai sebesar Rp. 200.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 500.000, dan hadiah menarik lainnya.


Contact person lomba karaoke    : Asep N., S.Pd.
Telp/ sms                                     : 08561903560

 
COSPLAY
a. Tema cosplay bebas, boleh dari Anime/Manga/Game/Tokusatsu atau Original
b. Kostum yang digunakan tidak boleh mengandung unsur SARA dan Pornografi
c. Peserta wajib tampil di pangung selama minimal 1,5 menit dan maksimal 3 menit
d. Peserta diperbolehkan membawa rekan untuk tampil
e. Peserta diwajibkan mamberikan file mp3 pada saat pendaftaran ulang untuk BGM ketika tampil di panggung
f. Pemenang ditentukan oleh voting para pengunjung di bunkasai
g. Untuk menentukan pemenang, kami memberi 3 gelar resmi yang bisa penonton berikan kepada cosplay favoritnya yaitu:
     i. Accurate: dinilai dari keakuratan, detail, dan kecocokannya pada kostum & make up yang digunakan
     ii. Performance: dinilai dari aksinya di panggung
     iii. Original: dinilai dari originalitas dan kreatifitas kostum atau karakternya yang merupakan desain sendiri

Hadiah pemenang lomba cosplay:
Juara terbaik kategori Accurate    : Uang tunai sebesar Rp. 400.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 2.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara terbaik kategori Performance    : Uang tunai sebesar Rp. 400.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 2.000.000, dan hadiah menarik lainnya.
Juara terbaik kategori Original    : Uang tunai sebesar Rp. 400.000, Piala, Sertifikat, Voucher Bimbingan Belajar sebesar Rp. 2.000.000, dan hadiah menarik lainnya.


Contact person lomba cosplay    : Didin Solehudin, S.Pd.
Telp/sms                                     : 085295728207


LOMBA MAKAN
• Peserta adalah masyarakat umum yang saat itu berada di tempat kegiatan.
• Bagi peserta yang mengikuti perlombaan tersebut dipersilakan untuk mendaftar ke pantia pada saat kegiatan Nanotenri berlangsung.
• Makanan yang akan diperlombakan adalah jelly yang dimakan menggunakan sumpit.
• Sumpit dan Makanan disediakan oleh panitia.
• Pemenang adalah peserta yang paling banyak memakan jelly menggunakan sumpit.

Hadiah pemenang lomba makan:
Juara I    : Bingkisan dan hadiah menarik lainnya
Juara II    : Bingkisan dan hadiah menarik lainnya
Juara III    : Bingkisan dan hadiah menarik lainnya


BAZAAR
Dalam bazaar yang akan diadakan di lokasi, kami akan menyediakan tempat bagi pihak yang berminat menyewa untuk mendirikan stan yang menjual atau mempromosikan barang atau jasa.
1. Artist circle
2. Merchandise, terutama yang khas jepang
3. Makanan dan minuman terutama yang khas Jepang (diperbolehkan makanan yang tidak khas Jepang)
4. Stan promosi jasa/lembaga tentang Jepang (e.g kursus bahasa, kursus budaya etc)

Contact person bazaar        : Eti Novianti, S.Pd.
Telp/sms            : 08158971146


PENJURIAN
Juri pada kegiatan ini berasal dari instansi-instansi yang memiliki kompetensi ilmiah Bahasa Jepang yang diakui oleh masayarakat umum seperti Japan Foundation, Jurusan Bahasa Jepang UNJ, Cosmos Cosplay Community dan MGMP Bahasa Jepang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar